Welcome to My Blog

Senin, 14 Februari 2011

PIDATO PERINGATAN HARI HIV/AIDS SEDUNIA


Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera untuk kita semua.
Hari ini adalah  hari yang sangat penting bagi kita khususnya kita sebagai anak remaja, dan pastinya moment ini juga bisa dijadikan cerminan untuk masa depan, karena pada kesempatan ini kita akan memperingati Hari AIDS Sedunia.
Sebagai bukti rasa syukur kita kepada tuhan, marilah kita menundukan kepala sejenak untuk bardoa agar saudara-saudara yang telah meninggalkan kita dan yang terkena penyakit HIV/AIDS di beri kesembuhan dan kita juga selalu diberi kesehatan.
AIDS adalah kumpulan gejala-gejala penyakit atau Sidrom yang disebabkan oleh Virus HIV yang menyerang kekebalan tubuh sang penderitanya. Begitu ganasnya AIDS ini hingga Badan Kesehatan Dunia/WHO merasa perlu menetapkan 1 hari dalam setiap tahunnya sebagai hari AIDS sedunia. Awal pertama kali ditemukan virus HIV ini pada sebuah Negara kecil di Benua Afrika dan hingga pada saat ini kita dapat menemukan di seluruh dunia para penderita HIV/AIDS sehingga WHO telah menetapkannya sebagai bahaya Pandemi atau “mendunia”. AIDS pertama kali ditemukan di Indonesia pada bulan Mei 1987 di pulau Dewata Bali pada seorang wisatawan asing yang kini telah meninggal dunia. Kasus penularan HIV/AIDS ini paling sering melalui hubungan seks bebas serta penggunaan jarum suntik pada pengguna NARKOBA. Hingga saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di dunia maupun di Indonesia sendiri sangat sulit dipastikan, sebab jumlah penderita yang timbul dipermukaan diperkirakan jauh lebih sedikit dari yang tidak terekspose (Fenomena gunung Es). Hingga tahun 2006, jumlah penderita HIV dan AIDS di Indonesia tercatat sekitar 11.165 orang dan angka itu diyakini masih jauh dari jumlah yang sebenarnya. Berdasarkan estimasi Depkes pada tahun 2002, terdapat sekitar 90.000 sampai 130.000 orang Indonesia yang telah tertular virus HIV yang penularnya dalam empat tahun terakhir ini banyak melalui narkoba suntik dan sek bebas. Di Sulsel sendiri diperkirakan hingga tahun 2004 ini sekitar 3.000 orang penderita HIV/AIDS sedangkan yang tercatat di Dinas Kesehatan Sulsel baru sekitar 284 orang dan pada Komisi Pemberantasan AIDS (KPAD) Sulsel baru sebanyak 62 yang positif HIV sejak tahun 1994 di temukan di sulsel sudah sebanyak 26 orang yang meninggal. Data Dari RS Wahidin Sudirohusodo Sendiri memperlihatkan bahwa pada tahun 2004 saja tercatat ada 29 pasien yang dirawat akibat penyakit HIV AIDS tersebut dan meningkat tajam pada tahun 2005 sebanyak 70 pasien.Dari segi kesehatan bahaya penularan HIV/AIDS ini amat sangat meresahkan. Dewasa Tahun 2002, sumbangan narkoba suntik (injecting drugs use) pada kasus HIV berkisar antara 30 sampai 34%, tapi sampai Juni tahun 2007 ini laporan Depkes menunjukkan bahwa proporsi ini naik menjadi 54,9%Disinilah peran KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) dan BNN (Badan Narkotika Nasional) perlu makin ditingkatkan. Kinerja kedua lembaga ini diharapkan dapat terus meningkat demi mengurangi jumlah penderita HIV AIDS di bumi pertiwi ini.Dari segi ekonomi dapat dibayangkan banyaknya produktivitas yang hilang dari para penderita HIV/AIDS yang sakit maupun yang telah meninggal dunia
Kita sebagai remaja yang tau akan masa depan, seharusnya kita menjunjung tinggi akan kesadaran bahaya penyakit ini, karena sudah banyak sekali saudara-saudara kita yang dinyatakan positif terinfeksi oleh penyakit ini dan tidak sedikit pula yang meninggal dunia. Hal ini disebabkan karena remaja-remaja di Negara kita ini telah terjerumus kedalam pergaulan bebas yang mengakibatkan terpengaruhinya jati diri kita oleh budaya barat yang negatif. Dengan pengaruh-pengaruh negatif inilah kita menjadi tau narkoba dan seks bebas, karena memang hampir sebagian besar penyakit ini disebabkan oleh seks bebas. Penyakit ini juga dapat menular melalui para pengguna jarum suntik narkoba, bisa juga saat memasang tato pada tubuh kita,dan pada saat menggunakan narkoba. Agar kita tidak terserang virus HIV, maka kita harus bisa menjaga diri dan keimanan kita supaya tidak tergoda oleh rayuan negatif yaitu dengan cara harus pandai-pandai dalam memilih teman dan lingkungan tempat bermain, karena teman juga yang dapat memotifasi dan mempengaruhi kita dalam membentuk jadi diri kita yang sebenarnya, jadi kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih teman, tetapi kita juga harus sanggup membawa teman kita kejalan yang baik, supaya kita dan teman-teman kita terhindar dari pemakaian narkoba dan tidak melakukan hubungan di luar nikah (seks bebas), terlebih lagi harus rajin beribadah kepada tuhan, agar kita selalu diberi perlindungan dan selalu berada di jalanNya.Kita juga sebagai remaja yang baik harus bisa menjaga nama baik keluarga, dan lingkungan sekitar agar menjadikan Negara ini sebagai Negara yang bersih dari panyakit HIV/AIDS.
            Selamat hari AIDS sedunia, semoga kita dapat mengambil hikmah dari semua yang telah kita pelajari,  kita juga harus sadar akan diri sendiri dan bahaya dari penyakit ADIS dan bagaimana cara-cara menghindarinya,semoga rahmat Tuhan YME senantiasa menyertai usaha kita dalam memantapkan diri untuk memandang kedepan. Sekian dari saya, dan terimakasih atas partisifasinya.
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Poskan Komentar

COME TO MY BLOG AGAINCOME TO MY BLOG AGAIN
Loading...
COME TO MY BLOG AGAINCOME TO MY BLOG AGAIN