Welcome to My Blog

Jumat, 21 Januari 2011

Perilaku Masyarakat dan Adat Istiadat Desa Rancagoong

      Perilaku dan adat desa Rancagoong
Behavior and indigenous villages rancagoong

Masyarakat desa rancagoong masih menggunakan kebiasaan gotong royong dan sangat terkenal dengan keramahannya,karena itulah masyarakat desa rancagoong bisa membantu satu sama lain tanpa mengharapkan imbalan dan yang paling penting adalah ramah kepada setiap anggota kaluarga dan orang lain,supaya dapat menghasilkan lingkungan yang aman dan sejahtera.Oleh karena itu masyarakat desa rancagoong tidak terlepas dari adat kebiasaan yang pernah nenek moyang lakukan yaitu selalu bergotongroyong dalam melakukan semua pekerjaan supaya mudah di selsaikan dan selalu bersikap ramah kepada orang lain.
Rancagoong Villagers still use habits of mutual aid and is very famous for its hospitality, which is why the villagers rancagoong can help each other without expecting rewards and the most important are friendly to each member kaluarga and others, in order to produce a safe and prosperous environment. Therefore rancagoong villagers can not be separated from the customs of the ancestors ever do that is always bergotongroyong in doing all the work so easy in selsaikan and always be kind to others.
Jika dilihat dari segi ekonomi,masyarakatya bermata pencaharian dari bartani dan berkebun,karena sebagian besar mayoritas penduduk desa rancagoong adalah petani.banyak beras dan sayuran yang di hasilkan,dan tidak sedikit juga yang bekerja sebagai pegawai negeri dan wiraswasta.
            If viewed in terms of economics, masyarakatya bartani and earns a meager living from gardening, because a large majority of villagers are petani.banyak rancagoong rice and vegetables in produce, and not a few also work as civil servants and entrepreneurs.
B.     Hal-hal yang dilakukan oleh masyarakat di desa kami adalah           :
The things done by people in our village are              

1.      Merayakan hajat uar atau lebih dikenal dengan nama ulang tahun desa,dimana para anggota masyarakat wajib berkumpul pada malam hari di lokasi yang sudah di sediakan oleh ketua RT dan RW,karena akan memperbincangkan masalah-masalah yang terjadi pada bulan-bulan yang telah dilalui selama setahun dan bagaimana sikap yang harus dilakukan kedepanya supaya tidak terulang lagi dan tidak menjadi permasalahan besar yang bisa mengakibatkan rusaknya keharmonisan antara anggota keluarga dan masyarakat.
 Celebrating happen outside lavatory, or better known by the name of the village's birthday, where the members of the community must come together at night in a location that has been provided by the RT and RW, as it will thrash out the problems that occur in the months that have been passed during the year and how to do kedepanya attitude so as not to happen again and not be a big problem that could cause damage to the harmony between family members and the  community.

2.      Melakukan kegiatan rutin pembersihan jalan setiap hari rabu dan jum’at,supaya menghasilkan lingkungan yang bersih dan asri,terlebih jika ada tamu atau kunjungan pemerintahan ke desa kami.
Perform routine cleaning of the streets every Wednesday and Friday, in order to produce a clean and beautiful environment, especially if there are guests or a visit to our village government.

3.      Upacara penyambutan musim hujan dan musim kemarau.Tujuannya supaya di musim kemarau tanaman yang ditanam tidak gagal panen dan di musim hujan supaya bisa menghasilkana tanaman yang berkualitas baik dan tumbuh subur.
Welcome ceremony kemarau.Tujuannya rainy season and the season in the dry season so that crops are not planted and crop failure in the rainy season so he could menghasilkana good quality crop and thrives.




  Dalam segi ekonomi
In economic terms
Di daerah margacinta masyarakatnya rata-rata bermata pencaharian bertani,adapun yang bermata pencaharian yang lain seperti pegawai negeri ,polisi,tentara,dan masi banya yang lainnya.Tetapi jumlahnya tidak bayak,karena banyk yang menjadi petani tetapi lahan pertanian (sawah) merupakan lahan milik yayasan pengeran sumedang walaupun satu sampai dua diantaranya adalah milik perorangan,sehingga penduduk harus membagi hasil panen dengan pihak pemilik sawah.oleh karena itu masih banyak masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah.
In the area of community margacinta average earns a meager living farming, while the other earns a meager living as civil servants, police, army, and masi lainnya.Tetapi banya that amount is not stout, because banyk who become farmers but agricultural land (rice field) is a private land pengeran foundation Sumedang although one or two of them are owned by individuals, so that residents must share the harvest with the owner sawah.oleh because it's still a lot of people are classified as low income.
  Dalam segi agama dan perilaku masyarakat
In terms of religion and public behavior
Sebagian atau hampir seluruhnya masyarakat di desa margacinta menganut agama islam,dan kegiatan gotong royong dalam sehari-hari masih sering terlihat,seperti dalam kebersihan,membangun pos ronda,gedung serba guna,dan kegiatan siskamling juga masih terlihat aktif tetapi tidak serutin seperti dahulu.
Most or nearly all of the people in the village margacinta Islamic religion, and activities of mutual help in day-to-day is still often seen, as in hygiene, building guard posts, building versatile, and activity siskamling also still active but not serutin looks like first.

0 komentar:

Posting Komentar

COME TO MY BLOG AGAINCOME TO MY BLOG AGAIN
COME TO MY BLOG AGAINCOME TO MY BLOG AGAIN